Semarang, spmu.unnes.ac.id. Universitas Negeri Semarang (Unnes) tahun 2009 ini membuka pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur SNM-PTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) secara serentak bersama PTN-PTN lain di Indonesia. Ujian Tulis SNM-PTN akan dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 1-2 Juli 2009. Sebelum ini Unnes telah mengadakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) secara mandiri dan 4.444 peserta yang lolos ujian mereka telah mengikuti registrasi sebagai mahasiswa baru tanggal 2-4 Juni 2009. Setiap tahun lebih dari 3.000 mahasiswa Unnes menerima beasiswa dari berbagai sumber/sponsor.

Peserta ujian yang memilih kelompok IPA atau kelompok IPS bisa memilih 2 program studi (jurusan) sesuai kelompok ujian yang diikuti. Peserta yang memilih kelompok IPC bisa memilih 3 program studi (jurusan). Peserta ujian yang hanya memilih satu program studi di Unnes, maka pilihan selanjutnya bisa memilih program studi di PTN lain di luar Unnes atau di luar Kota Semarang. Misalnya pilihan pertama program studi di Unnes, lalu pilihan ke-dua bisa prodi di Universitas Negeri Surabaya atau Universitas Lambung Mangkurat.

Unnes saat ini memiliki 8 fakultas (Fak. Ilmu Pendidikan, Fak. Bahasa & Seni, Fak. Ilmu Sosial, Fak. Matematika & IPA, Fak. Ilmu Keolahragaan, Fak. Teknik, Fak.Ekonomi, dan Fak. Hukum) dengan berbagai jurusan dan program studi di dalamnya yang sudah terakreditasi A maupun B. Ada dua kelompok program studi di Unnes yaitu prodi kependidikan (mendidik calon guru) dan prodi non-kependidikan (calon ilmuwan/saintis).

Biaya mengikuti SNM-PTN adalah Rp 150.000,- untuk kelompok IPA dan IPS. Bagi kelompok IPC biaya ujian adalah Rp 175.000,-. Pembayaran bisa dilakukan di semua Bank Mandiri melalui setoran tunai, ATM Mandiri, atau Mandiri Internet, mulai 15 Juni sampai 26 Juni 2009. Bukti/resi pembayaran ditukarkan dengan FORMULIR PENDAFTARAN dan BUKU PANDUAN peserta SNM-PTN 2009 di Panitia Lokal penyelenggara ujian. Formulir pendaftaran yang telah diisi dengan benar harus dikembalikan kepada panitia lokal mulai 15 Juni sampai 26 Juni 2009 jam 08.00-16.00 WIB.

Pengembalian formulir harus dilakukan oleh peserta sendiri dan tidak boleh diwakilkan dan tidak boleh secara kolektif. Untuk sementara waktu Panitia Lokal Semarang penyelenggara SNM-PTN, Unnes masih menjadi satu dengan Undip dan tempat pendaftaran di Auditorium Undip Pleburan, Jl. Imam Bardjo Semarang. Mungkin saja tahun akan datang pendaftaran kelompok IPA dan IPC di Undip sedangkan kelompok IPS di Unnes, seperti pernah dilakukan oleh UGM dan UNY di Yogyakarta. Jenis tes yang akan diujikan adalah Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP), dan beberapa prodi tertentu (Seni dan Olahraga) diadakan Uji Ketrampilan. Informasi lebih lanjut bisa dikunjungi di http://spmu.unnes.ac.id atau www.unnes.ac.id atau email: spmu@unnes.ac.id dan lewat telepone (024) 850-8084, 850-8092 psw.25.

0 komentar:

Post a Comment

Followers

Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger